Kembali Untuk Memulai

Rasanya udah cukup lama aku ga posting di blog ini. Pas aku buka, Rumah Wortel ini udah dipenuhin sarang laba-laba. Hih, ngeri juga. Tapi, apa daya tangan tak sampai. Memang banyak hal yang terjadi dalam hidupku, perubahan yang tetcipta udah gak bisa diajak kompromi sama buku, bolpen, yang dulunya temen setia aku. Ini udah bener-bener kete
rlaluan. Beberapa tekanan yang menimpa hidupku menjadikan ingatanku hilang sebagian. Hah? Hilang ingatan?
Jangan protes! Karena memang itu yang aku rasakan. Contohnya: aku udah ga inget negara-negara di benua asia, amerika, eropa, afrika yang dulu pas SD aku jago banget hapalnya.
Aku bingung harus mulai nulis dari mana. Sementara udah lama banget aku ga nulis. Cerpen, misalnya yang singkat-singkat aja udah ga bisa. Ga pernah sampe akhir. Paling bagus setengah jalan. Ceritanya nanggung ga kelar-kelar. Dan itu udah numpuk banget, mungkin udah ada ratusan judul (Boong). Yang jelas, udah lama banget ga menghasilkan karya (karya? Berasa seniman aja). Itulah sebabnya, karena keseringan ga nuntasin cerita. Aku jadi ogah-ogahan buat mulai nulis lagi.
Pernah suatu detik, temenku yang entah dimana keberadaannya, nanya.
"Mana cerita baru lo?"
Ku jawab "Sorry, gue udah lama ga nulis. Sibuk, ga ada waktu. Capek" Jawaban yang masuk akal menurutku. At list, pernyataan itu emang yang sebenernya lagi terjadi dalam idupku. Sekedar pemberitauan, waktuku di rumah cuman dari magrib sampe jam 7 pagi. Selebihnya jam ngantor. Dan saat nyampe rumah tuh pengennya istirahat. Abis isa itu adalah detlen aku buat tidur. Parah emang, ini mata ga pernah bisa diajak lembur barang sebentarpun.
"Wanita karir emang lo!!?" Katanya lagi
"Iye, beside itu gue bingung juga."
"Bingung knape lo fih?"
"Lupa lagi cara nulis, hehe. So, bingung mesti mulai dari mana?"
"Hah? Mulai dari mana? Dari Bandung aja napa! Gak mungkin kan lo mulai nulis dari Makasar? Gile aja, masa lo mesti terbang dulu dari Bandung ke Makasar?"

Tuuutttt....,percakapan di putus sepihak olehku. Karena percuma. Ngomong sama tu bocah yang identitasnya aku samarkan ini, selalu ngasih pemecahan masalah tanpa solusi.
Aku kepengen banget jadi penulis, yang suatu saat nanti karyaku dibukukan. Tapi? Sejauh ini apa pencapaian yang udah aku raih? Sempet dulu beberapa cerpenku sampai dibaca oleh orang banyak dari berbagai provinsi di Indonesia. Bahkan oleh idolaku sendiri Denny Sumargo. Rasanya itu suatu penghargaan yang ga bisa diukur oleh materi. Bahagianya, bangganya. Gak sampe setaun keinginan menggebu buat jadi penulis seakan tandas gitu aja. Rasanya waktu 24 jam dalam sehari itu kurang. Oh Tuhan, betapa ga bersyukurnya aku ini.
Tapi aku masih Efih Sudini Afrilya yang bercita-cita jadi seorang penulis. Jam kantor, capek, lelah, ngantuk gakan bisa ngalangin aku buat nulis. Mulai malam ini, terimalah persembahan hati yang mengadu pada semesta. Yang bersungguh-sungguh melangkah di bawah langit yang luasnya tak terkira. Menguatkan niat suci untuk memulai kembali menulis, dalam bentuk apapun.
°Efih Sudini Afrilya°

Komentar

Postingan Populer