Musik, Bekal Dari Orangtua

Halo....
Gak kerasa ya, udah 2018 aja.
Sekarang, 20 Febeuari 2018. Di dalam kamar kost. Di atas ranjang. Sambil dengerin lagu dari playlist di ponsel. Pas sekarang lagi muterin lagu Stay dari Dream on Dreamer. Lagu yang cukup, agak, lumayan cadas kalo menurutku, hehe. Coba deh pergi ke YouTube dan search lagu itu. Aku sukaaa....
Padahal barusan habis nangis. Tadi makan sayur lodeh dikasih Bu Sri, teman satu kost, satu tempat kerja juga. Aku makan sayur lodeh pemberian Bu Sri. Meski gak suka sama semua sayuran yang ada di dalamnya. Aku berusaha untuk menghargai pemberian Bu Sri. Kurasa pemberian siapa pun. Di dalamnya ada waluh. Kau tau waluh? search di google aja gih kalau gak tau.
Mama mewarisi aku pantang buat makan waluh. Kalau makan waluh, setelahnya perut kita bakalan sakit. Melilit. Perih. Rasanya gak enak. Dan begitu pun yang aku rasakan tadi.
Di dalam kamar kost aku kesakitan. Dan jauh dari Mama. Mau nyari perhatiannya juga jauh. Akhirnya aku nangis sendiri.
Oke. Ini agak melenceng dari judul postinganku, memang. Tapi masih ada sangkut pautnya dengan musik kok.
Cari pelarian. Aku putarin lagu-lagu yang ada di playlist ponselku. Masih sambil ngusapin perut pake minyak kayu putih. Lama-lama, aku ikutan nyanyi. Lupa deh sama sakit perutnya.
Dengerin lagu. Yang diingat adalah Mama dan Bapak. Jadi nostalgia deh mengenang masa lalu.
Dari kecil, aku udah dijejelin Musik sama Mama dan Bapak. Aku ingat, dulu Mama punya banyak banget kaset. Dulu masih zaman kaset yang bentuknya segi empat. Ada dua lubang yang bisa diputer-puter dan ngeluarin pita cokelat.
Mama sering muter kaset di radionya. Sampe sekarang radionya masih ada di kamar Mama. Cuma udah gak bisa dipake muter kaset. Rusak. Cuma bisa nangkep gelombang radio deket rumah aja.
Ada berbagai kaset. Barat, Indonesia, anak-anak. Aku senang. Kalau Mama mau muterin lagu. Aku udah duluan pegang kaset favoritku. Dan nanti kalau kasetnya udah abis keputer semua lagunya, aku balikin lagi, hehe.
Dulu seneng banget dengerin lagu di kamar sama Mama.
SD kelas 4 kalo gak salah. Aku ngefans banget sama Shela On 7. Sampai kalau ada acara musik di TV menampilkan mereka. Siapa pun di keluarga besarku, bakal teriak "Efih.....ada Shela On Seveeenn...." lalu aku duduk termangu depan TV.
Mama juga ngasih hadiah ulang tahun berupa kaset Shela On 7. Hehe. Seneng banget. Dulu sampe teks liriknya dibawa-bawa ke Sekolah, dihapalin. Hehe. Anak SD nyanyinya lagu dewasa.
Mama juga beliin aku kaset Tasya yang duet sama Duta. Yang Jangan takut akan gelap. Suka banget sama lagu itu. Karena memang cocok sama usiaku. Dan Tasya nyanyi sama pacar aku, hehe.
*Kalau aku sebelumnya pernah bahas ini, maafkan, hehe.
Mama juga beliin aku kaset Sherina yang duet sama Westlife, I have a dream. Dan aku juga emang suka sama Sherina.
Mama mengenalkan aku musik modern. Sementara Bapak? Mengenalkan aku musik yang sesuai dengan budaya kami. Bapak lebih senang mendengarkan lagu-lagu berbahasa sunda. Kaya yang suka ada dinikahan-nikahan gitu. Aku juga suka lagu-lagu kaya gitu.
Karena aku orang sunda. Dan entahlah, lagu-lagu yang di dengar Bapak tuh kayaknya adem-adem. Cocok kalau di dengar di  tengah sawah, hehe. Bapak juga penikmat seni. Kalau perempuan kan  namanya sinden. Kalau Bapak, aku namain Sindon. Karena suka nyanyi ala-ala sinden gitu.
Bapak juga senang main alat musik. Dia pernah minta diajarin main kecapi -atau apa ya namanya- sama orang. Dan, waktu aku belajar gitar pun. Tau-tau Bapak diem di kamarku dan mainin gitar. Lagu yang dia mainin entah lagu apa. Yang pasti lagu Melow yang menyayat, hehe.
Kalau masalah kenapa aku suka lagu cadas. Itu karena Pamanku suka nongkrongin MTV. Dulu di Global. Aku suka ikutan nonton. Acara musiknya banyak. Menampilkan lagu barat juga. Aku senang kalau udah menampilkan video klip lagu barat. Dan nambah koleksi lagu kesukaan juga. Termasuk lagu-lagu cadas.
Dengerin lagu cadas. Penat hilang, hehe. Dan berasa keren aja. Ditambah waktu SMA aku punya teman cowok yang pernah menggadaikan ponselnya seharian sama aku. Buat apa coba? Dia tau aku suka musik. Dan poselku dulu gak ada MP3nya. Jadi dengerin lagu cuma di TV doang.
Seharian aku dengerin lagu-lagu di ponsel canggihnya. Canggih pada masanya. Banyak lagu-lagu cadas kesukaanku. Dia sih sengaja. Tau. Ngasi penawaran biar aku bisa minjemin dia duit, hehe. Darinya juga aku tau Band-band luar lainnya yang keren. Dulu sih dia sukanya Bink 182 sama Limp Bizkit. Kalau aku dulu suka banyak lagu tapi gak pernah tau nama Bandnya, hehe.
Ah.... senang deh mengenang orang-orang yang berjasa dalam mengenalkan dan membentuk aku untuk mencintai seni. Terutama seni musik. Hanya penikmat. Gak pernah bisa jadi pelaku, hehe.
Dan sekarang. Adek tunggal yang aku dapat ketika kelas 6 SD juga sama-sama mengikuti jejakku. Aku senang. Bisa tukeran lagu sama adek. Aku juga senang, adek, setidaknya satu selera denganku. Dan aku senang. Di rumah gak ada yang dengerin lagu dangdut, hehe. Maaf.
Aku cuma gak suka lagu abal-abal kayak gitu. Apalagi liriknya murahan. Beda sama lagu dangdut zaman dulu. Liriknya kadang puitis, aku suka. Syahdu. Sekarang? kok liriknya fulgar. Sangat gak berkualitas.
Ah, terimakasih sudah  menempatkan aku dalam keluarga yang menghargai seni. Seni yang berkualitas.
Mama dulu senang mengarang. Aku dan adek juga sekarang gemar menulis.
Bapak senang seni rupa. Gambar-gambar Bapakku bagus. Seperti nyata. Aku sama adek, meski gak jago gambar kayak Bapak. Tapi kami senang menggambar, hehe.
Dan untuk seni musik. Tak usah ditanya. Orangtuaku gandrung akan musik pada masanya. Aku dan adek? Tak usah ditanyaaaa, hehe. Kita gak bisa, sehari tanpa dengerin musik. Hehe.
Itulah sebagian kecil ceritaku dan keluargaku.
Semoga kau juga menyukai musik. Menyukai seni. Apa pun itu. Karena manusia tanpa bisa menyukai seni itu adalah manusia yang kaku dan aku sangat menyayangkan itu.

Komentar

Postingan Populer