Lagu Kenangan

Lo suka ngerasa gak kalo ada beberapa lagu yang lo anggap lagu tersebut punya history buat lo. Semisal sekarang lo dengerin lagu apa, lo inget kejadian atau orang-orang di masa lalu. Masa dimana lo pertama kali denger lagu itu. Atau ada satu kejadian pas lo lagi seneng-senengnya sama lagu itu. Atau juga lo dengerin lagu itu pas lagi ada kejadian yang membahagiakan atau menyedihkan.

Pusing sih gue ngomongnya. Gini deh gue contohin.

Dulu pas kelas 2 SMP gue suka sama adek kelas. Namanya Adi. Kelas dia tepat di sebrang kelas gue. Adi itu tinggi, entah gue dari dulu doyan sama cowok-cowok tinggi kurus gitu. Pokoknya jangan gemuk . Anaknya item manis. Gue seneng banget kalo liat dia nongkrong di luar kelasnya. Karena emang jarang banget tu anak nongkrong.

Berbanding terbalik sama gue, dia pendiem dan pemalu banget kayaknya. Gue lagi seneng-senengnya tuh sama dia. Dan lagi seneng-senengnya juga dengerin lagu Om Chrisye yang judulnya Seperti Yang Kau Minta. Ya berasa gue banget lah. Si Adi yang pendiem dan pemalu gitu bisa punya pacar. Gue berasa jadi orang ke tiga.

Nah pas jam istirahat, gue beli donat tuh. Waktu itu gerimis, bau tanah basah. Pas lagi papasan sama si Adi, gue yang lagi buru-buru, setengah lari. Dengan mulut yang kegatelan nyanyiin mulu lagu Om Chrisye. Tetiba.... pluukkk.... Donat terbaik gue jatoh ke tanah.

Jadinya sampe sekarang. Tiap kali denger lagu itu. Secara otomatis pikiran gue balik ke belasan tahun yang lalu. Keinget bau tanah basah, gerimis, donat jatoh dan Adi.

Ada lagi. Tau lagu Fort minor? Yang Where'd you go? Sampe sekarang, tiap kali gue denger lagu itu. Ingetan gue langsung kesedot dan balik ke masa SMA. Pas jamannya anak-anak request lagu di radio. Kirim salam buat temen-temen. Dan sebelumnya nyuruh temen yang dikirimin salam itu buat dengerin radio juga. Abis gitu kegirangan sendiri kalo penyiarnya bacain pesan lo. Haha.

Dan dulu. Pas lagu Where'd you go lagi booming-boomingnya. Dan gue lagi hobi dandan-dandanan di kostan temen. Gue sama temen gue yang lagi suka banget sama lagu itu. Selalu aja mantengin radio, nunggu lagu itu diputer. Kalo udah diputerin, langsung gedein volume radio, ikutan nyanyi sambil ngapalin liriknya. Jaman dulu mana ada secanggih sekarang yang bisa langsung tanya Mas Gugel dan MbakYu tub. Hp gue masih belum ada internetnya. Main FS aja masi numpang di lab. komputer di Sekolah.

Masih jaman SMA. Gue pernah suka sama Kakak kelas. Namanya Ferdy. Anak basket. Tinggi kurus, putih, ada lubang sumur di pipinya. Ni cowok yang paling lama dan paling dalem nempatin hati gue. Sayangnya dia cuma nganggap gue adek doang. Ok. DiSkip aja ceritanya ya, karena panjangnya amit-amit. Lo baca aja cerpen gue yang Valentine ke Tujuh sama Cinta Takkan Usai. Itu cerita gue sama Ferdy, haha. Sebagiannya gue karang sendiri sih. Tapi emang terinspirasi dari cerita gue sendiri.
Gini. Si Ferdy itu pernah ngirim sms yang isinya lirik lagu.

Lupakan aku
Jangan pernah kau harapkan cinta
Yang indah dariku
Lupakan aku
Kupunya cinta lain yang tak bisa
Untuk ku tinggalkan

Lagunya Ungu feat. Om Chisye "Cinta Yang Lain". Gue nerima sms itu pas lagi depan perpustakaan. Asli kan lo bayangin aja, gimana hancurnya gue waktu itu. Tapi emang dasar gue sih. Dan lagi masanya gue dableg. Udah dikasih kode gitu juga gue gak pantang menyerah. Terus aja mepet, gak tau malu, pokoknya alay.

Prinsip gue dulu, kalo suka sama cowok, ya gue musti deketin cowok itu sampe dapet. Haha. Bego. Gue juga liat cowok cuma dari fisiknya. Cakep enggaknya. Beken enggaknya. Personalitynya sendiri gak pernah gue liat. Bad boy sekali pun, asalkan cakep mah ya embat aja.

Tapi untungnya. Setelah itu hubungan gue sama Ferdy.... ya bisa dibilang deket dan akrab. Smsan saban hari. Sampai pada waktunya kami benar-benar harus berpisah karena kesalahan gue sendiri. Emalah curhat. Hehe

Ya gitu. Sampe sekarang tiap denger lagu Cinta Yang Lain, perasaan nyesek gue yang dulu lagi duduk depan perpustakaan setelah dapet sms dari Ferdy. Masih kerasa....

Masih soal history dari sebuah lagu. Lagunya My Chemical Romance yang Helena. Gue suka kebayang waktu gue pulang kuliah. Sore-sore nunggu metromini di pinggir jalan. Laper, air minum abis, gak ada duit, lelah, mikirin tugas kelompok bikin makalah buat dipresentasikan depan kelas, yang tiap mata kuliah kayaknya ada tugas begituan. Telinga disumpel headset, yang diputerin lagu Helena doang. Ampe kuping gue kalo bisa ngomong pasti bakal tereak "Eh. bego! Puterin lagu lain napa? Bosen tauk!"

Ya gitu. Sambil kepala ngangguk-ngangguk, mangap-mangap ikutan nyanyi. Sampe Amang Bakso Malang senyum geli ngeliatin gue. Sampe situ gue malu sendiri, langsung menormalkan kembali gerakan tubuh. Bersikap anggun menyesuaikan diri sama rok pendek gue. Rok? Iya gue kadang suka pake kostum cewek. Biar manis. Meski pun kelakuan gue.... ya... manisnya cuman sedikit....

Dan.... ngerti kali sekarang mah. Apa yang gue tanyain di paragraf pertama.

Tiap lagu selalu ada historynya buat gue. Makanya play list gue kebanyakan lagu-lagu lama. Ada temen gue yang nyadar dan akhirnya ngomong "Lagu kamu tuh lagu-lagu lama semua ya Fih," Emang bener. Haha

Gue termasuk orang yang selalu berusaha melestarikan masa lalu. Susah move on katanya. Iya sih. Bener banget. Katanya masa lalu itu dijadikan kenangan aja. Ya iyalah, itu juga gue jadiin kenangan doang. Iya lah, gue kan gak akan mungkin ngalamin kejadian-kejadian itu lagi. Secara itu cuman kenangan doang. Ya meskipun kenangannya gue ulang-ulang mulu dan selalu dihadirkan kembali di ingatan gue secarasadardandisengaja. ®¶¥•√π£™℅$&#+)/@

Masih banyak sih sebenernya lagu-lagu yang punya history buat gue. Dari jaman gue kecil banget udah dicekokin lagu sama Mama. Selalu minta diputerin lagu di radio. Dulu masih jamannya kaset pita gitu yang dimasukin ke radio yang ada lubangnya dua bisa diputer-puter. Mama punya banyak banget kaset kek gitu. Entah gue lupa kaset apa aja.

SD gue udah punya band idola, haha. Sampe ulang tahun, Mama kadoin gue kaset Sheila On 7. Ngefans banget gue sama Duta. Dan dibeliin kaset-kaset penyanyi lainnya juga. Sampe sekarang teks liriknya masih pada ada.

SMP udah mulai suka lagu barat. Berkat adanya program MTV di TV. Dan yang gue tungguin selalu lagu barat. Biar pun gak ngerti dan gak bisa ngikutin nyanyi. Ya ikutan nongkrong depan TV aja bareng paman sama sepupu yang masih pada muda.

SMA masih ditemenin MTV dan lagu-lagu di radio. Gue mulai suka lagu cadas. Berasa keren aja tiap dengerin lagu brang breng brong kayak gitu. SMA mulai kenal Linkin park, Blink 182, MCR, POD, Fort Minor, Green Day, Muse, Crazy Frog (ini lagu-lagunya unik), Tatu, Simple Plan, Hoobastank, Evenescene... ah banyak lah pokoknya lupa.

Pas gue SMA juga lagi naik-naiknya Band Indonesia. Bejibun... Gue mulai kenal Ungu, Tahta, Rama, PW Gaskin, New eta, Sherina paling demen yang sendiri tuh, saint loco, Nine ball, Superglad, vagetos, burgerkill, changcuters.. amit-amit banyak ah... masa iya musti gue absenin semua mah...kadang suka alay-alay emang... banyak pokoknya ampe dulu punya satu buku isinya cuma lirik lagu doang. Abis gitu rajin gue bawa ke Sekolah bukunya, biar bisa diapalin. Kalo lagi gak ada guru doyan banget nyanyi-nyanyi sambil digenjrengin sama temen yang bisa main gitar. Alay asli....sumpah...

Balik lagi.... gue yakin deh lo juga ngerasa... palingan satu aja.... punya lagu kenangan... lagu kesayangan... lagu yang ngingetin lo sama masa lampau.... lagu yang ngingetin lo sama satu kejadian. Karena mustahil banget ada orang yang seumur hidupnya gak pernah dengerin lagu. Atau gak tau satu lagu sama sekali. Ya minimal lagu Balonku? Lagu Selamat Ulang Tahun? Dan bakalan kebangetan sekali kalo sampe gak tau lagu kebangsaan sendiri. Lo idup dimana? Lo tinggal dimana? Dalem Goa? Masih nyoba nyalain api pake gesekin kayu apa batu? Atau lo Tarzan? Pasti ada laah.... lagu kenangan... yang lo suka... atau lo benci sekali pun... namanya tetep lagu kenangan....
duile.... lagu kenangan.... sok tua banget sih gue...

Komentar

Postingan Populer