Kertas Remas: Mantan



Beberapa waktu lalu. Yang entah kapan. Dan kejadiannya udah lama banget. Tuh kan, saking udah lamanya gue ampe lupa kapan-kapannya. Temen sekantor gue, yang kebetulan seorang Penulis. Kalo menurut gue sih doi mah Penulis betulan. Jam terbangnya udah jelas. Tulisannya banyak dimuat di media.

Namanya Adri. Satu waktu gue ketemu Adri di tempat makan, pas lagi istirahat. Gak tau awalnya ngomongin apa. Yang jelas ujung-ujungnya kita ngomongin cerpen gue yang diplagiat sama orang banyak. Adri turut berduka –tanpa memberi rangkaian bunga mawar-. %#&*#@?#@*&%..... bla bla bla. Kita ngomongin ini itu. Dan intinya.... dia nyaranin gue buat gak usah posting tulisan sembarangan. Apalagi tulisan utuh kaya cerpen gitu yang bakal memungkinkan orang buat lebih gampang memplagiat tulisan gue.

Berarti gimana nasib Blog gue? Hayaaahhh.... oke, akhirnya gue jungkir balik mikir dan taraaaa.....gue masih bisa nulis apa yang ada di otak gue dan masih bisa memposting ‘sesuatu’ di Blog gue. Ya meski pun Rumah Wortel udah gak ada pengunjungnya.... but ya.... udalah ya..... gue masih bisa nulis kaya gini...., wait. Begini nih!

MANTAN

Sabtu, 4 Februari 2017

Gue emang udah merencanakan buat izin pulang lebih awal. Buat menghadiri Talk Show’nya Mbak Esti Kinasih di Gramedia Merdeka. Setelah menghubungi Bapak HRD, gue langsung cabut ke Gramed. Berharap masih ada kursi yang bisa gue dudukin. Masalahnya nih ya, biasanya pihak panitia gak menyediakan banyak kursi buat peserta Talk Show.

Dan alhamdulillah, gue masih kebagian duduk. Samping gue ada Mbak-mbak dengan rok mini yang super pendek. Yaiyalah, namanya juga rok mini, ya pasti pendek lah. Ternyata si Mbak ini tuh seorang penulis juga. Penulis beken mungkin. Soalnya gue taunya dari dedek-dedek yang kaya anak kuliahan gitu minta foto bareng sama tuh Mbak. Dari gue mulai duduk di situ tuh Mbak seksi sibuk banget ngobrol sama Mbak satunya lagi. Prediksi gue, mereka bukan orang Bandung asli. Dan... pada akhirnya gue tau kalo mereka emang berasal dari Ibu Kota. Dan masih satu kontingen sama Mbak Esti.

Dari seminggu sebelum acara. Gue udah rempong nyiapin pertanyaan. Ya seputar penulisan gitu lah. Tapi sampe acaranya mulai, gue masih bingung musti nanya apa. Akhirnya gue putuskan buat mingkem aja. Masalahnya peserta yang ikutan kebanyakan bertampang unyu, ya kaya anak kuliahan atau gak anak sekolahan yang udah pada hebat dandan. Apalagi mereka, kayak tau banget dan kenal banget sama Mbak Esti Kinasih. Padahal yang nanya dapet goody bag loh sodara-sodara. Dan gue Cuma bisa gigitin ujung jaket gue ampe basah bau jigong gitu.

Dua jam berlalu. Sampailah pada akhir acara. Sesi tanda tangan. Sesi yang paling gue tunggu-tunggu. Da apa atuh Efih mah hidupnya Cuma ngejar-ngejar tanda tangan penulis doang.

Setelah sesi foto bersama. Kami mengantre untuk mendapatkan tanda tangan Mbak Esti sekaligus boleh minta difotoin sama Mbak-mbak panitia pake ponsel sendiri-sendiri. Nah, pas giliran gue. Nih ya, gue kalo Cuma dapetin tanda tangan doang mah ga seru lah ya. Akhirnya gue minta Mbak Esti nulisin quote  gitu. Apa yang terjadi? Mbak Estinya bingung sendiri deh dia mau nulis apaan.

“Apa ya?” Mbak Esti bingung sendiri.

“Apa aja Mbak. Tentang cinta boleh. Atau tentang mantan mungkin?”

“Apa ya?” Mbak Esti mengulang kembali pertanyaannya.

Mbak-mbak panitia yang mungkin udah jengah karena gue gak beres-beres akhirnya minta Mbak Esti buat gak nurutin permintaan gue. Tukan sekelas Mbak Esti juga bingung kalo ditodong bikin quote mah.

“Yaudah Mbak, kalo misalkan gak bisa. Gak apa-apa gak usah. Kasian yang lain kelamaan,” kata gue.

“Engga-engga. Tunggu bentar.... apa ya....oke... tentang mantan ya gapapa?” Mbak Esti memulai tulisan ceker ayamnya. Dan taraaaa........, selesai. “Gini aja ya?” Mbak Esti nyodorin buku yang udah ada tulisan ceker ayamnya ke gue. Gue merengut.

“Ini tulisannya apa Mbak? Hehe”

“Hehe, gak kebaca ya?”

“Kaya tulisan dokter, Mbak”

“Gini,” Sambil menunjuk tulisannya Mbak Esti membacakan “Mantan itu masa lalu, tetapi bisa juga itu jodoh yang ditunda sampai dapat pada akhirnya. Hehe. Amiiiinnn....” serunya mengaminkan.

“Amiiiiinnnnn.....” ucap gue.

Setelah itu gue mengambil ponsel yang gue titipkan pada panitia. Kemudian meninggalkan area lantai atas. Menuruni anak tangga sambil melihat gambar-gambar yang dibidik Mbak panitia ketika gue sama Mbak Esti.

Gue membaca kembali quote yang ditulis oleh Mbak Esti. Dan baru sadar kalo gue sempat mengaminkan ucapan Mbak Esti. What? Tunggu. Ko bisa gue seceroboh itu. Godammit! Terus gue berharap gitu, gue sama mantan gue. Oh, Allah.... tolong Aminnya saya yang itu jangan didengar, jangan dicatat dan jangan dikabulkan. Gue? Sama mantan gue? Oh, jangan atulaaaahhh.... please.....

Komentar

Postingan Populer