Kue Sagu


Kemarin Senin. Sekarang Selasa. Besok Rabu. Lusa Kamis. Itu nama-nama hari yang pengen gue Skip.


Bisa gak sih langsung hari Jumat Sabtu Munggu aja? :-)Selasa sore. Di jam-jam mepet pulang kantor. Tiba-tiba temen dateng dan langsung berpekik:"Haduh Efih. Di tempat Admission tuh ada kue sagu. Aku pengen banget.""Ya udah tinggal minta aja!"
"Tapi gak ada orang! Cuman toplesnya kegeletak gitu aja.""Ya udah tinggal ambil aja!""Ih. Eeefffiiiihhh....!!! Itu kan nyuri namanya!"Ya gimana lagi coba. Kalo udah mau banget mah ya ambil aja. Daripada dede bayi dalem perutnya ngiler. Eh, tapi kan temen gue gak lagi hamil ya. Jadi gak akan ada dede bayi yang ngiler. Kecuali temen gue sendirinya yang ngiler sampe kebawa-bawa mimpi."Ya udah. Aku liat deh. Ntar aku ambilin sama toplesnya," gue nenangin temen gue yang sebenernya gak kenapa-kenapa."Tapi jangan nyuri looooh!" sambil mengacungkan  telunjuknya tepat di lubang hidung gue."Enggak! Paling ngambil doang tanpa minta. Hehe.""Eeefffiiiihhhh......," pekiknya lagi.Gue ningalin ruangan kerja. Berjalan layaknya putri solo yang menahan kandung kemih kepenuhan. Menuju toilet yang untuk sampai ke sana gue harus ngelewatin Admission dulu.Waaahhhhh. Bener. Kue sagu dalam toples bening itu memang menggoda.Gak cuman ada kue sagu doang. Ada 3 piring kue sus yang wanginya sedap. Cantik. Dan kudapan itu gue yakin banget milik dokter yang praktek malem hari. Gue gak punya harapan buat minta kue sus itu. Cuman bisa nelen ludah doang. Smbil ucap Wassalam.Balik lagi ke kue sagu yang gak bertuan dan bernyonya. Gue masih punya harapan dan kesempatan buat mengunyah kue lembut itu. Gue cuman harus sabar aja. Sabar nungguin sampe sang pemilik balik lagi ke kandangnya. Dengan begitu gue bisa minta kue sagu itu tanpa harus merampoknya.Lama. Akhirnya gue melaksanakan niat awal gue keluar dari ruang kerja. Yakni pipis.Gak perlu gue ceritain kisah pipis gue. Yang jelas. Setelah gue keluar dari toilet, gue bahagia. Mata gue membulat otomatis, dan berbinar pula. Udah kaya Hamtaro dikasih sebungkus Kwaci dapet ngupas.Ada makhluk berpakaian putih tengah duduk di kantor Admission. Makhluk itu gak lain gak bukan adalah penghuni dan pemilik kandang Admission. Dan pemilik kue sagu.Gue buru-buru menghampiri mereka."Wah Mba'e jajan apa?" tanya gue basa-basi setelah melihat kantong kresek besar."Nih. Ayuk bareng-bareng Fih," ajaknya sambil menuangkan Mie ke dalam mangkuk."Waaahhh......Mie Jablay yaaa.... hhmmmm wangiii syekalii Mba!" gue melancarkan proses pendekatan.Mie Jablay adalah Mie instan biasa kaya Indomie gitu yang ditambahin usus. Bumbu Usus yang nyampur sama bumbu Indomie bikin perpaduan kuah kental yang aduhai."Iya ayuk! Masih hot ini chiiinnn!" Mba Ira maksa gue dengan gaya bicaranya yang khas."Enggak ah. Kalo masih hot mah. Biasanya suka ditiupin dulu sama Mamah trus diemutin dulu, trus dilepehin, disuapin deh ke aku." *Gaya makan bayi."Haha iya da masih orok kamu teh chiiiinnn....sini sekalian aku kunyahin!" godanya."Hihi. Enggak ah. Ntar aroma mulut Mba'e nempel di Mienya. Huuuaaaa...... ada kue sagu," mulai beraksi, tangan gue langsung aja ngangkat toples kue sagu itu. "Mau minta. Boleh gak?""Iya makan aja!"Yessss. Gue sih yakin, Mba Ira mah orangnya gak pelit. Dia pasti mau ngasih makanan apa pun yang ada di situ. Kecuali kue sus milik dokter.Meluncurlah kue sagu itu ke dalam mulut gue. Krenyess krenyess krenyess. Satu. Dua. Tiga.Tiga kue sagu telah berpindah ke dalam perut gue. Jaga sedikit gengsi lah kalo gue makan lebih dari tiga mah.Gue menaruh kembali toples ke hadapan Mba Ira."Loh, udahan?" tanya Mba Ira di tengah-tengah menyeruput kuah Mie Jablay."Udah ah Mba'e, nanti abis sama aku kan piyee.....""Padahal gak apa-apa Fih. Sok aja.""Engga ah, makasih. Mba'e hatur tengkyu ya.... daahhh..."Gue pun melambai lalu pergi. Kembali ke ruangan. Lalu teringat kembali pada permintaan temen seruangan gue. Oh, lebih tepatnya gue teringat sama kemaun temen seruangan gue akan kue sagu.Oh, God. Kenapa gue bia kelupaan. Kenapa gue makan kue sagu sendirian. Lah, ini yang kepengin kue sagu siapa. Yang ngidam kue sagu siapa."Gimana Fih? Dapet kue sagunya?" dengan tampang polos temen gue nyamperin dan nanya."Hehe.""Kok Hehe aja? Gimana? Punya siapa? Dapet gak? Ato malah kamu udah makan duluan ya?"Rasanya diintrogasi masal itu ternyata gak enak guys! Apalagi pertanyaannya menohok sampe ke pangkal hati. Alamaaakk. Muter otak..... muter otak..... muter otak....."Fih! Gak kemasukan hantu toilet kan? Tadi ke toilet Bismillah dulu gak?""Bismillah dulu kok! Baca ayat kursi malah! Yassin juga dibaca!""Jadi gimana kue sagunya?" mengulang pertanyaan."Jadi gini sebenernya. Tadi pas mau pipis itu emang beneran gak ada siapa-siapa di admission, asli deh serius! Nah, pas keluar dari toilet tuh ada Mba Ira, abis beli Mie Jablay. Wuuiiihhh.... wangi tenan aromanya! Ditawarinlah Mie jablay.""Terus, kue sagunya?" mengulang pertanyaan kembali."Sempet liat sih kue sagunya.""Terus?""Apanya yang terus?""Terus kue sagunya gimana?" mengulang pertanyaan dengan membolak-balikkan kata."Ya aku minta. Tiga. Cuman tiga.""Mana?""Mana apanya?""Kue sagunya! Ah, Efiiiihhhh. Katanya minta kue sagunya tiga. Sekarang mana?""Oh. Maksudnya, aku minta kue sagunya tiga tuh ya langsung kumakan tadi barusan di admission.""Yaaahhhh...... Efiiihhhhhhhh....."*********Memang terkadang berkata jujur itu menyulitkan. Perlu bicara ngaler ngidul dulu, baru ke poin pentingnya. Apalagi gue harus berusaha buat gak nyakitin atau menyinggung perasaan orang yang mau gue jujurin. Gue harus menjaga kata-kata gue. Pengaturan diksi juga penting. Tapi, sesulit-sulitnya berkata jujur. Tetap lebih sulit nyembuhin penyakit pilon alias pikun gue ini.*********Tengkyu somac, udah baca cerita gak jelas gue ini. Salam hangat dari secangkir teh yang dibuat dengan penuh cinta.


Komentar

Postingan Populer